Senin, 22 September 2014

Laporan Kegiatan Bulan September 2013

Beberapa rencana kegiatan yang semula sudah direncanakan ternyata tidak dapat berjalan karena berbagai sebab terkait adanya kebijakan di tingkat kabupaten

1)     Lokal latih dan TOT STBM.

Menjadi peserta lokal latih STBM bersama dengan 10 Provinsi dan 14 Kabupaten di Hotel Perdana Wisata, bandung. Utusan dari kabupaten Solok Selatan 2 orang yaitu: 1 orang fasilitator STBM Kabupaten dan 1 orang Kabid P2P-PL Dinas Kesehatan Kabupetan Solok Selan. Pelatihan di laksanakan dari tanggal 9 September - - 16 September 2013

2)     Melapor diri ke Dinas Provinsi dan Kabupaten

Setelah selesai melaksanakan pelatihan melapor dan koordinasi di dinas kesehatan Provinsi sumatera barat pada hari Rabu tanggal 18 September 2013. Kemudian hari kamis tanggal 19 September 2013 melapor dan koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten Solok Selatan.

3)     Koordinasi dan Sosialisasi Program STBM

1.    Telah di lakukan Koordinasi sosialisasi Program STBM di Bapedda dan Dinas PU, masing-masing pada tempat dan waktu berbeda.
2.    Melakukan Sosialisasi dan koordinasi program STBM pada 4 Puskesmas yaitu :
1.    Puskesmas Pakan Rabaa
2.    Puskesmas Muara labuh
3.    Puskesmas Pakan Slasa
4.    Puskesmas Lubuk gadang
3.    Merencanakan pertemuan bersama Pimpinan Puskesmas dan Sanitarian se-Kabupaten solok selatan bersama dinas kesehatan kabupaten pada minggu III Bulan Oktober 2013

4)   Mengidentifikasi Capaian STBM Kabupaten Solok Selatan.

Selama program Pamsimas (2008 – 2012) kabupetan Solok Selatan mendapatkan lokasi Pamsimas sebanyak 62 desa/Jorong. Dengan rincian :


Tahun Program Pamsimas

2008
2009
2010
2011
2012
Jumlah
Desa pamsimas
4
11
14
16
17
62
Desa SBS
2
2
2
2
2
10
dusun SBS
0
5
4
4
3
16

Data capaian SBS kabupaten diluar wilayah program pamsimas, masih dalam proses pengumpulan dan perekapan di dinas kabupaten Solok Selatan.

5)   Evaluasi RKM

Pada hari kamis tanggal 3 Oktober 2013, bersama Pakem dan Districk coordinator telah dilakukan evaluasi RKM yang dibuat oleh 9 KKM terdiri dari:
a.    Lokasi Reguler :
1.    Jorong Jolok Sungai Sirih
2.    Batuang Bajawik
3.    Bukik Patangan
4.    Sungai Barameh & Batu Bala
5.    Sibalabeh Ateh
6.    Manggiu
7.    Koto Rambatan
b.     HID :
8.    Pincuran Tujuh Bangun

c.    Repilikasi :
9.    Jorong Sungai Sanda

6)   Penyusunan Kerangka Kerja STBM

Sampai Bulan ini masih dalam proses sosialisasi dan koordinasi terhadap lembaga-lembaga terkait pelaku PAMSIMAS.


1. Permasalahan Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana Kerja dan Tindak Lanjut Pemandu kabupaten Mempunyai beberapa kendala diantaranya adalah :
1.    Belum optimalnya koordinasi fasilitator masyarakat dengan sanitarian dalam melaksanakan program Pamsimas tahun 2013.
2.    Tidak adanya dana pelaksanaan kegiatan pemicuan awal program Pamsimas.
3.    Belum Lengkapnya data capaian SBS kabupeten di luar wilayah Pamsimas.


2.             Tindak Lanjut Penyelesaian Permasalahan

Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan  pemandu STBM kabupaten mendapatkan permasalahan namun telah diambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dalam pelaksanakan program Pamsimas dalam mengatasi permasalahan Belum optimalnya koordinasi antara Sanitarian dan Fasilitator Masyarakat.
2.    Melakukan upaya bantuan dinas kesehatan dalam mengatasi permasalahan Tidak adanya dana operasional dalam menjalankan pemicuan pada program pamsimas, juga melibatkan dinas PU dan Bapedda, Pakem serta KKM
3.    Berkoordinasi dengan dinas Kesehatan Kabupaten dan Puskesmas dalam menyikapi data capaian SBS yang belum lengkap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar