Senin, 22 September 2014

Laporan Kegiatan Bulan Maret 2014

Beberapa rencana kegiatan yang semula sudah direncanakan ternyata tidak dapat berjalan karena berbagai sebab terkait adanya kebijakan di tingkat kabupaten serta ada kegiatan lain yang dianggab perlu untuk peningkatan kegiatan STBM. Kegiatan-kegiatan yang direncakan dan yang terealisasi dapat di jabarkan sebagai berikut :

1.    Pelatihan Pendampingan Pelatihan BPSPAMS
Pada bulan Maret ini pelatihan BPSPAM yang terlaksana 2 jorong yaitu jorong Patanahan dan Jorong timbulun yang dihadiri oleh Pengurus BPSPAM yang terpilih. Jorong yang belum pelatihan BPSPAM adalah jorong timbulun, jorong liki dan Jorong Jolok Sungai Sirih.

2.    Pendampingan Pelatihan Natural Leader
Bulan maret kegiatan peningkatan kapasitas natural leader dan masyarakat mengadakan pelatihan membuat kloset di jorong Timbulun. Di rencanakan pelatihan natural leader dilaksanakan untuk Jorong Liki, Jolok Sungai Siriah dan Lubuk Betung. 11 jorong lokasi pamsimas 2013 telah melaksakan pelatihan natural leader.

3.    Monev Kegiatan Wirsan
Kelompok wirsan di solok selatan ada 6 kelompok, Setelah mendapatkan bantuk 10 sak Semen untuk masing-masing kelompok wirsan untuk 4 kelompok dari PT. Semen padang, telah berjalan usaha untuk 2 kelompok dan telah di buat jamban masing-masing 1 buah pada bulan ini. 2 kelompok lagi masih belum berjalan maksimal.

4.    Monev Capai SBS
Monitoring Kegiatan Kesehatan dan Monev SBS di lakukan pada Jorong Sibalabeh Ateh, Jorong Koto Rambah,Jorong Manggiu, Jorong Timbulun, Jorong Tanjung limau Kapeh,Jorong Ulu suliti 4 &3. Juga dilaksanakan monev ke lokasi program HIK yaitu jorong balun.
Capaian SBS jorong Sibalabeh Ateh sampai saat ini baru 25 KK dari 173 KK (14,45%), Jorong Koto rambah peningkatan untuk bulan ini belum ada, yang saat ini capaian SBS baru mencapai 3 %.
Jorong Manggiu pada bulan ini capaian SBSnya 42,74 %, dan jorong timbulun baru mencapai 49,73%.
Jorong tanjung limau kapeh capaian SBSnya baru 12,30%, dan jorong ulu suliti 4 dan capaian SBSnya 33,49%. ( data lengkap lainnya ada di lampiran).

5. Data Monev capaian SBS.

Mengupdate data pada Sistem monev data capaian SBS melalui media online di web pamsimas  www.mis.pamsimas.org melalui modul keberlanjutan, dan data web STBM di http://stbm-indonesia.org/monev/



1.           Permasalahan Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana Kerja dan Tindak Lanjut Pemandu kabupaten Mempunyai beberapa kendala diantaranya adalah :
1.    Wira usaha sanitasi yang baru dibentuk belum berjalan maksimal salah satu yang di keluhkannya adalah modal awal untuk memulai usaha.
2.    Belum adanya terjalin kemitran dengan pihak-pihak lain untuk mengembangkan usaha wira usaha sanitasi
3.    Masih kurangnya keterlibatan tokoh masyarakat, wali nagari dan camat dalam usaha mempercepat capaian SBS.


2.             Tindak Lanjut Penyelesaian Permasalahan

Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan  pemandu STBM kabupaten mendapatkan permasalahan namun telah diambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Untuk membantu Kelompok wirausaha sanitasi Mengusahakan kemitraan dengan PT. Semen Padang melalui forum wirausaha sanitasi yang di fasilitasi oleh dinas kesehatan Kabupaten Solok Selatan dan untuk bulan februari 2014 telah di bantu 60 Sak Semen oleh PT Semen padang
2.    Mengusahakan untuk terjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga lain seperti(Bank, BPR, Perusahaan,dll)
3.    Mengkoordinasikan keberbagai pihak keterkaitan mengenai STBM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar