Senin, 22 September 2014

Laporan Kegiatan Bulan Februari 2014

Beberapa rencana kegiatan yang semula sudah direncanakan ternyata tidak dapat berjalan karena berbagai sebab terkait adanya kebijakan di tingkat kabupaten serta ada kegiatan lain yang dianggab perlu untuk peningkatan kegiatan STBM. Kegiatan-kegiatan yang direncakan dan yang terealisasi dapat di jabarkan sebagai berikut :

1.    Pelatihan Pendampingan Pelatihan BPSPAMS
Pada bulan februari ini tidak ada pelatihan BPSPAMS, jorong yang belum melaksanakan pelatihan BPSPAMS adalah jorong Patanahan, Jorong Timbulun, Jorong Liki Atas dan Jorong Lubuk Batung. Pelatihan BPS untuk 4 jorong ini direncakan bulan maret 2014.

2.    Pendampingan Pelatihan Natural Leader
Untuk kegiatan Pelatihan Natural Leader di laksanakan di jorong taluak air putih pada tanggal 11 februari 2013, Jorong Taluak Aia putih merupakan desa yang mendapatkan Program HID tahun 2014. Pelatihan Natural Leader di fokuskan untuk lokasi pengembangan dari jorong Taluak Aia Putih.

3.    Pendampingan Kegiatan Kesehatan di sekolah
Melaksanakan pendampingan kegiatan di SD 05 Sirumbuk, bersama Sanitarian ibu Weli Efni, Am.KL. kegiatan yang dilaksanakan demo gosok Gigi, Demo Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pelatihan Dokter Kecil.

4.    Monev Kegiatan Wirsan
Kegiatan Monitoring Wira Usaha Sanitasi (Wirsan) dilaksanakan di jorong Tanjung Harapan dan Jorong Ulu Suliti yang pada saat ini belum berjalan maksimal. Untuk pengembangan Usaha pada tahap awal ini melalui forum wirsan para wirausaha sanitasi mendapatkan bantuan dari PT. Seman Padang sebanyak 60 sak semen yang di bagikan ke dalam 4 kelompok anggota wirsan.
  
5.    Monev Capai SBS
Monitoring Kegiatan Kesehatan dan Monev SBS di lakukan pada Jorong Pasar Bancah kapeh, Jorong Koto Rambah,Jorong Manggiu, Jorong Timbulun, Jorong Tanjung limau Kapeh,Jorong Ulu suliti 4 &3 dan Jorong Bangun Rejo ( HID).
Pada Jorong Pasar Bancah kapeh, Kegiatan program Kesehatan telah terlaksana 95 %, tinggal kegiatan pemeriksaan Sampel Air pasca kontruksi, Masyarakat Telah mencapai 100% SBS tetapi belum di lakukan verifikasi SBS. Pada Jorong koto rambah dan manggiu pelaksanaan kegiatan kesehatan telah 95 %, pemeriksaan sampel pasca kontruksi. Untuk jorong Tanjung limau kapeh dan Jorong Ulu Suliti 4 &3 telah terlaksana kegiatan Kesehatan 95 %, pemeriksaan sampel air pasca kontruksi yang belum. Serta jorong bangun Rejo telah terlaksana kegiatan kesehatan 100% dan termasuk dalam jorong yang telah SBS.


1.           Permasalahan Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana Kerja dan Tindak Lanjut Pemandu kabupaten Mempunyai beberapa kendala diantaranya adalah :
1.    Wira usaha sanitasi yang baru dibentuk belum berjalan maksimal salah satu yang di keluhkannya adalah modal awal untuk memulai usaha.
2.    Belum adanya terjalin kemitran dengan pihak-pihak lain untuk mengembangkan usaha wira usaha sanitasi


2.             Tindak Lanjut Penyelesaian Permasalahan

Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan  pemandu STBM kabupaten mendapatkan permasalahan namun telah diambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Untuk membantu Kelompok wirausaha sanitasi Mengusahakan kemitraan dengan PT. Semen Padang melalui forum wirausaha sanitasi yang di fasilitasi oleh dinas kesehatan Kabupaten Solok Selatan dan untuk bulan februari 2014 telah di bantu 60 Sak Semen oleh PT Semen padang
2.    Mengusahakan untuk terjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga lain seperti(Bank, BPR, Perusahaan,dll)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar