Senin, 22 September 2014

Laporan Kegiatan Bulan November 2013

Beberapa rencana kegiatan yang semula sudah direncanakan ternyata tidak dapat berjalan karena berbagai sebab terkait adanya kebijakan di tingkat kabupaten serta ada kegiatan lain yang dianggab perlu untuk peningkatan kegiatan STBM. Kegiatan-kegiatan yang direncakan dan yang terealisasi dapat di jabarkan sebagai berikut :

1.    Pendampingan Pemicuan  kegiatan Pamsimas
Kegiatan pemicuan baru terlaksana untuk jorong Timbulun dan Manggiu, untuk jorong lainya di jadwalkan pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan desember 2013.

2.    Penyiapan pelatihan Wirausaha Sanitasi
Telah terlaksana pelatihan wirausaha sanitasi sebanyak 14 orang pada tanggal 19-23 Noveber 2013 di Rocky Hotel Padang.Juga telah dibentuknya forum wirausaha sanitasi untuk menindak lanjuti kegiatan – kegiatan dari pelatihan wirausaha sanitasi

3.    Pelatihan STBM.
Telah mensosialisasikan pelatihan STBM di kalangan dinas kesehatan kabupaten dan tenaga kesehatan (Sanitarian) di puskesamas. Rencana Pelaksaan pelatihan STBM Tgl 13 s/d 17 Desember 2013. Utusan dari akbupaten solok selatan sebanyak 8 orang.

4.    Penyusunan Kerangka Kerja STBM
Kerangka kerja STBM baru sampai  pada penyusunan draf kerangka STBM, dan sosialiasi ke Pokja AMPL Kab. Solok Selatan.
5.    Menjalin kemitraan
Sedang mengupayakan kerja sama dengan Semen Padang untuk menjalin kerjasama dalam forum wirausaha sanitasi.
6.    Pendampingan fasilitator masyarakat dalam Pelaksanaan kegiatan Pamsimas 2


1.           Permasalahan Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana Kerja dan Tindak Lanjut Pemandu kabupaten Mempunyai beberapa kendala diantaranya adalah :
1.    Belum optimalnya koordinasi fasilitator masyarakat dengan sanitarian dalam melaksanakan program Pamsimas tahun 2013.
2.    Tidak adanya dana pelaksanaan kegiatan pemicuan awal program Pamsimas.


2.             Tindak Lanjut Penyelesaian Permasalahan

Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan  pemandu STBM kabupaten mendapatkan permasalahan namun telah diambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dalam pelaksanakan program Pamsimas dalam mengatasi permasalahan Belum optimalnya koordinasi antara Sanitarian dan Fasilitator Masyarakat.
2.    Melakukan upaya bantuan dinas kesehatan dalam mengatasi permasalahan Tidak adanya dana operasional dalam menjalankan pemicuan pada program pamsimas, juga melibatkan dinas PU dan Bapedda, Pakem serta KKM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar