Senin, 22 September 2014

Laporan Kegiatan Bulan Desember 2013

Beberapa rencana kegiatan yang semula sudah direncanakan ternyata tidak dapat berjalan karena berbagai sebab terkait adanya kebijakan di tingkat kabupaten serta ada kegiatan lain yang dianggab perlu untuk peningkatan kegiatan STBM. Kegiatan-kegiatan yang direncakan dan yang terealisasi dapat di jabarkan sebagai berikut :

1.    Pendampingan Pemicuan  kegiatan Pamsimas
Melaksanakan pemicuan untuk jorong Timbulun bersama sanitarian serta fasilitator masyarakat. Masyarkat antusias untuk mengikuti pemicuan dari awal sampai akhir, dan masyarakat yang terpicu sebanyak 11 orang dari 23 peserta yang hadir.

2.    Pelatihan STBM.
Mendampingi  pelatihan STBM Tgl 13 s/d 17 Desember 2013. Utusan dari akbupaten solok selatan sebanyak 8 orang.

3.    Penyusunan Kerangka Kerja STBM
Kerangka kerja STBM baru sampai  pada penyusunan draf kerangka STBM, dan sosialiasi ke Pokja AMPL Kab. Solok Selatan.

4.    Menjalin kemitraan
Sedang mengupayakan kerja sama dengan Semen Padang untuk menjalin kerjasama dalam forum wirausaha sanitasi.

5.    Pendampingan fasilitator masyarakat dalam Pelaksanaan kegiatan Pamsimas 2

Mendampingi Pelaksanaan kegiatan Kesehatan di jorong Manggiu, Jorong Sibalabeh Ateh, Jorong Pasar Banca Kapeh,Jorong Sungai Barameh,


1.           Permasalahan Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana Kerja dan Tindak Lanjut Pemandu kabupaten Mempunyai beberapa kendala diantaranya adalah :
1.    Wira usaha sanitasi yang baru dibentuk belum berjalan maksimal salah satu yang di keluhkannya adalah modal awal untuk memulai usaha.
  

2.             Tindak Lanjut Penyelesaian Permasalahan

Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan  pemandu STBM kabupaten mendapatkan permasalahan namun telah diambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Untuk membantu Kelompok wirausaha sanitasi Mengusahakan kemitraan dengan PT. Semen Padang melalui forum wirausaha sanitasi yang di fasilitasi oleh dinas kesehatan Kabupaten Solok Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar