Senin, 22 September 2014

Laporan Kegiatan Bulan Oktober 2013

Beberapa rencana kegiatan yang semula sudah direncanakan ternyata tidak dapat berjalan karena berbagai sebab terkait adanya kebijakan di tingkat kabupaten serta ada kegiatan lain yang dianggab perlu untuk peningkatan kegiatan STBM. Kegiatan-kegiatan yang direncakan dan yang terealisasi dapat di jabarkan sebagai berikut :

1.    Pendampingan Pemicuan  kegiatan Pamsimas
 Kegiatan ini baru terlaksana dalam tahap persiapan pemicuan dan rencana pelaksanaan pemicuan serta membentuk tim pemicuan di berbasiskan wilayah kerja puskesmas dengan melibatkan BPS dan Natural leader lokasi –lokasi pamsimas 1 dengan jorong yang terdekat.

2.    Penyiapan pelatihan Wirausaha Sanitasi
Mendata Ulang peserta Wirausaha Sanitasi dengan mengutamakan lokasi-lokasi yang masih rendah capaian SBS. Dengan membagi merata berdasrkan basis kecamatan.

3.    Sosialisasi Program STBM dengan Sanitarian.
a.   Melaksanakan pertemuan dinas kesehatan dengan Sanitarian dan Pengurus BPSPAMS Pamsimas 1, pada tanggal 10 Oktober 2013 membahas evaluasi pamsimas 1, Pemaparan capaian SBS Kab. Solok Selatan dan Sosialisasi Program STBM dan membentuk team kerja STBM Kacamatan.
b.      Melakukan kunjungan dan sosialisasi program STBM di 4 wilayah kerja puskesmas, yaitu: Puskesmas Mercu, Puskesmas Tarunan, Puskesmas Bidar Alam dan Puskesmas Abai.
c.       Membentuk Team Kerja STBM kecamatan berbasiskan wilayah kerja Puskesmas dengan melibatkan Pengurus BPSPAMS.
  
4.    Pelatihan STBM
Pelaksanaan Pelatihan STBM baru sampai pada tahap sosialisasi dan penentapan peserta pelatihan. Pelaksanaan kegiatan menunggu kesiapan dana dari  Pemerintahan Pusat. Dan di jadwal ulang kembali pada minggu ke IV Bulan November

5.    Penyusunan Kerangka Kerja STBM
Kerangka kerja STBM baru sampai  pada penyusunan draf kerangka STBM, dan sosialiasi ke Pokja AMPL Kab. Solok Selatan

6.       Evaluasi Pamsimas 3

Pada hari jumat tanggal 18 Oktober 2013 dilakasanakan evaluasi RKM bersama Pakem dan BAPPEDA, membahas permasalahan dan evaluasi pelaksanaan program PAMSIMAS 2 serta rencana tindak lanjut terhadap permasahan yang di ambil.

1.           Permasalahan Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana Kerja dan Tindak Lanjut Pemandu kabupaten Mempunyai beberapa kendala diantaranya adalah :
1.    Belum optimalnya koordinasi fasilitator masyarakat dengan sanitarian dalam melaksanakan program Pamsimas tahun 2013.
2.    Tidak adanya dana pelaksanaan kegiatan pemicuan awal program Pamsimas.


2.             Tindak Lanjut Penyelesaian Permasalahan

Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan  pemandu STBM kabupaten mendapatkan permasalahan namun telah diambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dalam pelaksanakan program Pamsimas dalam mengatasi permasalahan Belum optimalnya koordinasi antara Sanitarian dan Fasilitator Masyarakat.
2.    Melakukan upaya bantuan dinas kesehatan dalam mengatasi permasalahan Tidak adanya dana operasional dalam menjalankan pemicuan pada program pamsimas, juga melibatkan dinas PU dan Bapedda, Pakem serta KKM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar